Minggu, 21 Maret 2021

BERITA HOAX

           BERITA HOAX COVID 

Asslamaualaium Wr.Wb 

Hallo teman-teman lama ni aku enggak nulis blog.Bagaimana nih kabar teman-teman semua? Semoga selalu baik dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. 

    Pada awalnya saya juga tidak paham dengan media tools images.google.com, kemudian pada hari rabu dosen saya menjelaskan penggunaan media tool ini melalui Google Meet. kemudian salah satu dari mahasiswa mempraktekkan penggunaan media ini dan saya juga ikut mencoba waktu itu. selanjutnya dosen saya juga menjelaskan penggunaan media tools lainya seperti: yandex, image.google.com, Advanced ssarch, wikimpaia, dan youtube data viewer.. Kemudian saya memilih menggunakan images.google.com karena menurut saya lebih mudah mengakses gambar HOAX dengan menggunakan media tool ini. Selanjutnya  saya akan berbagi pengalaman ku tentang menggunakan media tool pada google.image.google.com. Buat teman teman yang belum pernah menggunakan tools ini kalian wajib coba hehehe langsung saja yaa untuk mempersingkat waktu aku akan langsung tulis. 


Sumber: Foto Grup WA (pesan foto berantai WA)

    Pada saat itu Covid 19 masih hangat-hangatnya di telinga masyarakat dan menghebohkan seluruh dunia, kemudian pada saat itu ada salah satu warga yang mengirim foto di media sosial tentang penjemputan warga yang terpapar Covid-19 di hajatan desa sebelah saya.  Keluarga yang mengadakan hajatan sebelumnya sudah melakukan tes swab, namun pada saat hajatan itu berlangsuug ada salah satu orang yang terpapar positif corona akan tetapi berita yang ada di grup WA mengatakan bahwa penjemputan warga di Ampel-Boyolali sebanyak 71 orang dan dilarikan ke Rumah Sakit Muwardi solo karena di Boyolali sudah tidak mampu menampung lagi. Saat itu juga masyarakat di desa saya menjadi panik dan ketakutan kalau covid bisa masuk ke desa saya, setelah itu di desa saya menjadi lock down selama beberapa bulan hingga kasus itu dinyatakan tidak benar. 

Sumber: Semarangpos.com 

Dengan menggunakan media tool image.google.com saya menjadi percaya bahwa informasi yang di share di Grup WA itu HOAX dan tidak benar. Media tool ini benar benar mengungkap berita yang fakta. Dengan media tool ini saya bisa mengerti bahwa berita HOAX bisa diungkap disini.

 Langkah-langkah menggunakan tools.image.google.con 
1. Pertama tama teman teman menuliskan images.google.com pada google dan nanti akan muncul gambar seperti dibawah ini


2.  Teman teman mengklik gambar yang ada icon kamera > pilih file untuk menguploud gambar sesuai yang dininginkan pastikan teman teman semua sudah menyiapkan gambar yang ingin di uploud.



3. Selanjutnya Jika gambar teman teman sudah di download > klik choose file > uploud gambar yang diinginkan. Kemudian klik open setelah itu tunggu sampai proses uploud selesai. Teman-teman juga bisa mengakases foto dari screenshoot dari hp atau laptop maupun foto yang ada di media sosial lainnya. 
4.  Setelah selesai di uploud akan muncul gambar seperti dibawah ini, kemudian teman-teman semua bisa mengeklik salah satu website yang tersedia dan teman-teman semua bisa mengetahui siapa yang mempublik gambar tersebut dan tgl berapa gambar itu diunggah. Teman teman juga bisa mencari berita hoax di media yang tersebar di internet lainnya denagn menggunakan  tools images.google.com.
 

5. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

YUKK MULAI DARI SEKARANG STOP BERITA HOAX !!!

Terimakasih buat teman teman yang sudah mampir di blog saya dan membaca pengalaman yang saya tulis. kemudian jangan lupa tulis pengalaman teman-teman semua di kolom komentar. 

Wassalamu'alikum Wr.Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar